jump to navigation

Pengertian & Perbedaan Atom, Molekul, Ion, Unsur, Senyawa, Campuran Oktober 9, 2011

Posted by ahmad in Mineralogi, opini.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Ada yang tahu pengertian istilah2 diatas?, Mungkin beberapa dari kita, termasuk saya sendiri begitu dan masih sangat bingung dengan berbagai per-istilahan dalam bidang kimia.

Istilah – istilah tersebut sebenarnya sering kita dengar. Saking seringnya mendengar, kita anggap hal tersebut adalah hal lumrah, sehingga dianggap tidak perlu kita pertanyakan/permasalahkan, bahkan mungkin kita anggap hal tersebut sebagai hal2 biasa/sepele.

Walaupun begitu, tidak jarang ketika kita ditanya pengertian istilah2 diatas, yang ada malah “TINGTONG”, alias kebingungan, nah lho??.

Belakangan ini sy pun sadar hal itu.

8O “Sadar/dasar emang lo nya aj yg gtw?? ngapain aja dulu sekolah?? “

:mrgreen: terserah ah, yg penting gw masih mau berlajar lagi..

Berikut pengertian & perbedaan Atom, Molekul, Ion, Unsur, Senyawa, Campuran, yang sy rangkum, juga ta buat oret2annya, mudah2an jd ngerti. Maaf jika ada penjelasan yang salah/kurang pas, nanti boleh ditanya ke guru/dosennya ya :)

PARTIKEL PENYUSUN MATERI/ZAT

Partikel adalah sebuah satuan dasar dari benda atau materi. Bisa juga dikatakan Partikel merupakan satuan bagian terkecil dari suatu materi. Jenis Partikel ini ada 3 yaitu: atom, molekul, dan ion. Jadi baik atom, molekul, dan ion ke tiga-nya merupakan satuan terkecil dari materi yg secara umum disebut partikel

1. Atom adalah: Satuan terkecil dari suatu materi yang terdiri atas inti, yang biasanya mengandung proton (muatan+) dan neutron (netral), dan kulit yang berisi muatan negatif yaitu elektron. Ada juga yang menyebutkan bahwa atom adalah partikel penyusun unsur.

Kedua pengetian ini semuanya benar. Yang pasti atom itu :

- punya proton, neutron, elektron, (kecuali pd Hidrogen-1, yg tidak memiliki neutron)

- punya karekteristik tertentu, yaitu punya jumlah proton dan elektron yang sama (jika tdk sama disebut ion)

- atom2 yang punya karakteristik yang sama dinamakan unsur,

Analogi sederhana: Setiap orang yang sering membaca, kita sebut sikutu buku, ceritanya kita punya 4 teman yang punya hobi membaca, sehingga kita simpulkan keempat teman kita ini sikutubuku karena punya kebiasaan yang sama. Jadi

teman kita= atom,

sama2 hobi baca= punya jumlah proton&elektron sama/ berkarakter sama,

sikutu buku=unsur

Anggapan yang salah

- gabungan/ikatan beberapa atom akan membentuk unsur (SALAH).

Yang benar: unsur adalah nama untuk kumpulan/himpunan atom yang punya karakter yang sama. Gabungan/ikatan dari beberapa atom bukan membentuk unsur tapi membentuk molekul. Bedakan himpunan dan ikatan..!

2. Molekul adalah: Gabungan dari beberapa atom unsur, bisa dua atau lebih. Artinya ketika berbicara molekul maka yang dibayangkan adalah gabungan atom2 (bukan 1 atom). Molekul adalah partikel terkecil dari suatu unsur/senyawa

- Jika gabungan dari atom unsur yang sama jenisnya maka disebut Molekul Unsur, Contohnya: O2, H2, O3, S8

- Jika gabungan dari atom unsur yang berbeda jenisnya maka disebut Molekul Senyawa, Contohnya: H2O, CO2, C2H5

3. Ion adalah: atom yang bermuatan listrik, ion yang bermuatan listrik disebut kation, dan ion yang bermuatan negatif disebut anion. Kation dan anion dapat berupa ion tunggal hanya terdiri dari satu jenis atom atau dapat pula berupa ion poliatom mengandung dua atau lebih atom yang berbeda.

Beberapa Kesimpulan:

Unsur itu partikelnya bisa berupa atom/molekul unsur. Unsur2 yang partikelnya berupa atom, berarti unsur tersebut bisa berdiri sendiri atau hanya mengandung satu atom saja, penulisannya ditulis dengan lambang unsurnya, misalnya C (karbon), He (Helium). Bila partikelnya berupa molekul maka artinya unsur tersebut dibentuk dari gabungan atom yang berjenis sama, dia tidak bisa berdiri sendiri, unsur2 tersebut ditulis dengan lambang unsurnya disertai dengan jumlah atom penyusunya. Contohnya: O2, H2. Makanya unsur oksigen tidak pernah ditulis hanya huruf O saja, melainkan ditambah angka 2 sebagai arti bahwa Unsur ini dibentuk dari 2 atom oksigen.

JENIS-JENIS MATERI/ZAT

Materi/Zat secara umum dibagi menjadi 2 bagian yaitu zat tunggal dan campuran. Zat tunggal dapat berupa unsur, atau berupa senyawa. Sedangkan campuran dapat berupa campuran homogen atau berupa campuran heterogen.

1. Unsur adalah: Sekelompok atom yang memiliki jumlah proton yang sama pada intinya. Jumlah ini disebut sebagai nomor atom unsur. Unsur didefinisikan pula sebagai zat tunggal yang sudah tidak bisa dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil.

Saya hanya ingin menekankan “unsur hanyalah sebutan saja untuk atom-atom yg yang punya karakter sama (punya jumlah proton yg sama)”. Sebagai contoh, semua atom yang memiliki 6 proton pada intinya adalah atom dari unsur kimia karbon, dan semua atom yang memiliki 92 proton pada intinya adalah atom unsur uranium.

Bisa dibilang unsur adalah atom itu sendiri, contohnya: jika ada H2O, maka kita bisa bilang: terdiri dari 2 atom hidrogen, dan 1 atom oksigen, padahal Hidrogen dan oksigen keduanya adalah unsur.

2. Senyawa: Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri atas beberapa unsur yang saling kait-mengait. Senyawa dibentuk dari minimal unsur yang berbeda. Walaupun dibentuk dari unsur yang berbeda, namun senyawa tetap disebut zat tunggal, karena sifat-sifat unsur yang membentuknya tidak dapat di temukan pada senyawa. Dengan kata lain

Senyawa telah menjelma menjadi zat yang baru.

Contoh:
Reaksi antara Hidrogen(H) dan oksigen (O2), diperoleh zat baru yang disebut air, yaitu:

H + O2 ——–> H2O

Pada reaksi tersebut, dihasilkan zat baru yang sifatnya berbeda dari unsur-unsur penyusunnya. Hidrogen adalah gas yang sangat ringan dan mudah terbakar, sedangkan oksigen adalah gas yang terdapat di udara yang sangat diperlukan tubuh kita untuk pembakaran. Tampak jelas bahwa sifat air berbeda dengan sifat hidrogen dan oksigen.

Ciri khas senyawa adalah dia mempunyai perbandingan massa penyusun yang tetap, air tersusun dari oksigen dan hidrogen dengan perbandingan massa unsur oksigen banding hidrogen adalah selalu 8 : 1

Perbedaan Senyawa dan molekul

“setiap senyawa adalah molekul namun setiap molekul belum tentu senyawa”. Senyawa adalah gabungan minimal 2 atom berbeda, sedangkan molekul gabungan minimal 2 atom bisa sama bisa juga berbeda.

3. Campuran: Zat yang tersusun dari beberapa zat yang lain jenis dan tidak tetap susunannya dari unsur dan senyawa. Campuran merupakan materi yang terdiri dari dua atau zat tunggal. Materi yang kita jumpai sehari-hari hampir semuanya campuran. Bahkan kita sering membuat campuran bahan, misalnya ketika kita membuat kopi atau teh manis.

Campuran dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Campuran homogen = Larutan
  • Campuran Heterogen = Suspensi, dan
  • Campuran yang keadaannya antara suspensi dan larutan = Koloid

3.1. Larutan  adalah: campuran dua zat atau lebih yang terdiri dari zat terlarut dan pelarut. Ukuran partikel larutan sangat kecil, kurang dari 1 nm, sehingga tidak dapat dilihat dengan menggunakan microskop ultra sekalipun. dan tidak dapat dibedakan antara zat terlarut dan medium pelarutnya. Zat dalam larutan tidak dapat dipisahkan melalui penyaringan.

Contoh larutan gula, kita tidak bisa membedakan mana gula mana air dalam larutan gula. Beberapa contoh larutan adalah larutan garam, larutan asam basa dan lain-lain.

3.2. Suspensi adalah: Suspensi adalah campuran kasar dan bersifat heterogen. Ukuran partikel suspensi lebih dari 100 nm.

Contoh suspensi adalah campuran terigu dalam air, apakah masih tampak terigu tersebut ? Jawabannya Ya, Masih. Campuran ini awalnya tampak seperti larutan yang keruh, tetapi lambat laun terpisah karena pengaruh gravitasi (mengalami pengendapan). Suspensi dapat dipisahkan melalui penyaringan. Contoh suspensi yang lain misalnya kapur dengan air, tanah dengan air, es cendol, campuran batu kali dengan pasir dan lain-lain.

3.3. Koloid adalah: Koloid adalah campuran yang terdiri dari partikel terdispersi dan pertikel pendispersi. Ukuran partikel koloid terletak antara 1 nm – 100 nm. Atau dengan kata lain ukuran partikel koloid keadaannya antara suspensi dan larutan.

Contoh koloid adalah air susu, santan, air sabun, dan cat. Koloid tampak keruh tetapi stabil (tidak memisah/mengendap). Bahan dalam campuran koloid tidak dapat dipisahkan melalui penyaringan biasa, melainkan dengan menggunakan penyaring ultra.

Beberapa contoh koloid yang lain adalah susu, buih, santan, agar-agar, mutiara, gelas berwarna dan lain-lain

sumber:

http://www.e-dukasi.net

http://www.wikipedia.com

http://www.kimiadahsyat.blogspot.com

About these ads

Komentar»

1. earth-inside - Oktober 19, 2011

ahli kimia nih yang punya blog,
hahaha

mampir n follow juga yaa
thanks

2. earth-inside - Oktober 19, 2011

ok, aku tunggu sob….

ahmad - November 21, 2011

ini tu blog aji anak 010 kan?
iya nnti kpn2 bw balik… thanks udh brknjung ksini

Hyuga Khair Nack Spalish - Juni 5, 2012

ok,, ^_^

vikiyana - Agustus 27, 2012

:mrgreen:

3. clincingboy - November 17, 2011

heheheheh
mas . . .
lumayan, tak ctrl+D dulu nih blog
buat referensi tugas PDB atau praktek geodas
hehehe
trims mas
salam geologi!

ahmad - November 21, 2011

@clincingboy: salam geologi jg, emang d praktkum geodas sm pdb ada tgs ky gnian?

4. earth-inside - November 27, 2011

Wah…. kasih tahu g ya… hehehe

5. Razalifha - Januari 9, 2012

Mkasih ya InfoNya.. ^_^
ngbantu bngedh ni..ijin copy ya mas

ahmad - Januari 19, 2012

monggo.. :)

6. alfath - Januari 27, 2012

mksh rangkumannya.mdh dphami,tnpa miskonsepsi.

prasetya - Oktober 31, 2013

ok masuk

7. Lambertus Hermawan - Januari 30, 2012

Eh, ini coret-coretan ya? Ide bagus. Nulis di blog biar bisa diingat. Kreatif.

8. seftina eriyani - Februari 10, 2012

assalam..
sya s’org murid SMA ..
sya ing b’tny Apa sih pngertian atom scara umum ??
n ap perbedaan teori teori dalton dgn teori yag lain’a ???

9. Vanie - Maret 19, 2012

Asw, makasih ya … rangkumannya sangat membantu saya untuk mengingat kembali ttg atom cs….

10. sindy ervita - Maret 21, 2012

top

11. MARTUA DAMANIK - Juni 16, 2012

asw, bagus ya tahanks

12. abdulrozak - Juli 14, 2012

atom apa yg enak??

kacang atom haha. .

13. Annisa - Juli 16, 2012

Trims! Ini sangat membantu. Tapi apa saya bisa tanya? Penulisan ion positif dan negatif itu bagaimana ya?

Arniawan Wawan - April 18, 2013

bagaimanaa aja boleh !!!

14. mitha - Juli 24, 2012

macih yea atas sarannya.

15. ramadhani damara - Juli 27, 2012

trimksh,saya lega bisa tw artinya

16. vivi - Juli 29, 2012

makasih yach bagus banget buat lengkapin tugas saya

17. raja - Agustus 2, 2012

Ach… puyeng gue, skrg gini aja dech gue mau tny nich : atom itu wujudnya seperti apa sich ? kalo elu tau, atom itu ada ga di rumah kita ? 1x lg kaya apa sich wujud atom itu ? kalo gue tny kaya apa sich wujud api itu ? maka elu bisa jwb kan ?

18. raja - Agustus 2, 2012

atau tolong ksh contoh dech sebuah praktik atau apa aja dech di sekitar kita yg bisa kita tentukan bhw ini yg namanya Atom ?? ini yg namanya Nuclear ?? jgn teoritis gue ga ngarti, contoh wujud nya dulu aja dech, seperti apa ?? ok. mana nich ahli kimia ?

19. Mochammad Refin Maghribi - Agustus 5, 2012

Bagus banget nie web’a sya bsa menyelesaikan tugas sya . . .

20. Putri Sari Fauzi - Agustus 7, 2012

makasihh ea atas penjelasan nya

21. edi kurniawan - Agustus 8, 2012

q pening ne arti atom dan sifat2 y?

22. vikiyana - Agustus 27, 2012

8O

23. irwan - September 4, 2012

trima ksih kak’ tlah m’mudahkn sya.

24. nurhafazah - September 10, 2012

asslmlkm., info ini sangat membantu. syukron!

25. juwita - September 10, 2012

maksih ini ngebantu banget tugas dri dosen farmasi bab kimia dasar..thaks

26. diva elno widya - September 13, 2012

wah,,,,
ini membantu bgt Eaaa,,,,,

27. adam - September 20, 2012

makasih bung nambah wawasan saya, ilmu yang diamalkan akan bertambah.

28. Ririn - September 28, 2012

Mmm,,nii harii ulangan,,?
,,pusing,,,’
tentang Atom,Molekul,Ion,,,
kpan yach ad harii bebaz???

29. Ririn - September 28, 2012

PenjelLazan’nya jelaz banget,,
_tpii tdk biiza d Ingat nc,,
wkwkwk

30. munawaroh - Oktober 7, 2012

thank ea..
pengertian” ea..
saya jdi tau.

31. nilam niara - Oktober 12, 2012

ahhh…… kurang lengkap nh

32. Wily - Oktober 13, 2012

Izin Ngopy Bos. Thank

33. peniup salju - Oktober 14, 2012

Thanx infonya…. Kayaknya yang punya blok orang kimia negh……makasih untuk ilmu yang dibagikan syalom

34. Vatvva Lingga W - Oktober 14, 2012

Wah, bermanfaat nih, makasih banget ya??..

35. Yudi - Oktober 14, 2012

msih belum terlalu lengkap,,… unsur itu zat yang tak dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana

Rudi - Oktober 14, 2012

yag punya blog ini gak penting bangat

36. Nurmie - Oktober 17, 2012

Makasih infonya,,, Bermanfaat ni.. untuk bantu belajar… :)

37. mie nurmie - Oktober 17, 2012

Oia, Kak.

Izin Copy materinya buat di blog aku ya …:)

38. gara - Oktober 19, 2012

asik. arigato.

39. Nian Undayani Sarsa (@iand49) - Oktober 21, 2012

Makasih utk yg punya blog, benar2 membantu :)

40. Amalina Nur Husnina - Oktober 23, 2012

Nice post. Thanks for sharing :D

41. Tiara - Oktober 24, 2012

Makacih informasinya ! Yg bikin propesor ya ? Tapi kurang banyak ^-^ top deh

42. dwi purnami - November 7, 2012

thanks you info

43. marwa - November 7, 2012

thanks yach atas info nya

44. firmandije - November 8, 2012

Reblogged this on FirmanDJ’s Blog.

45. chintya - November 22, 2012

thanks ya infonya..
tapi kayaknya kurang lengkap deh..
mohon tambahannya ya..
maaf kalau tersinggung..
^-^

46. Arie - November 23, 2012

mau tanya bleh..?
ada PR nihh susah -_-

47. gsgfdg - Desember 4, 2012

em keren si tapi kalo buat smp masih kurang banget loh! tolong di banyakin ya ? :D haha

48. arnynda - Desember 12, 2012

bagus nih.. Lanjutkan trus yaah.. :)

49. ernha - Desember 15, 2012

makasih :) keren, bagus
ini ngebantu tugas gue :D gaga

50. yosa puspita dela - Januari 21, 2013

doakan saya lulus ujian (y)

51. Fauzan Mars - Januari 25, 2013

Reblogged this on Chem Edu 09.

52. yulansi - Februari 15, 2013

Terima kasih atas infonya,kami harapkan bisa bergabung bersama kami http://www.unsri.ac.id

53. Riski Wahyu Nugroho - Februari 28, 2013

cukup memuaskan…,thks …,lanjutkan…

54. bahrudinputradepok - Februari 28, 2013

anaknya albert einstein nih..

55. Pusyakiz - Maret 8, 2013

Gan … Thanks atas materi kimianya …

bagi saya ini sangat berharga karena besok saya ada ujian mid semester …

kunjungi blog saya juga ya gan .. di : http://pusyakiz.blogspot.com/

thx

56. Faizul Mujtahid - Maret 12, 2013

Great,
Merci

57. riza zahari - Maret 17, 2013

thanks info-nya

58. alif akbar - Maret 20, 2013

makasih ya artikelnya sangat membantu saya :)

59. aldy firdaus - April 1, 2013

trim ya kakak. ilmu ak jd nambah deh.

60. Dede Tresna - April 3, 2013

Blog ini sangat bermanfa’at bgi kta smua . . Untuk yg punya thank’s ea :-D!

61. VERRY - April 4, 2013

sebaiknya dikasih satuan yang lebih lekap seperti molekul unsur :hidrogen (H2)

62. VERRY - April 4, 2013

dan terimakasih ini sungguh membantu !

63. nana suryana - Mei 7, 2013

wah..hebat ni namanya mahasiswa terkini..meskipun disiplin ilmunya geologi tapi ilmu kimianya…guru kimia banget.Hebat kang, salam kenal.

64. dwi dandie prayogo - Mei 19, 2013

belajar lebih mengerti

65. Moch arief - Juni 13, 2013

Post ini membantu saya dalam mengerjakan soal semester

66. Anis Roi - Juli 1, 2013

Makasih akang, isi blognya sangat membantu untuk mengerjakan tugas.

67. Natal - Juli 5, 2013

min thank’s y,tas info ini sangat bermanfaat bagi saya
keep sprit….

68. muftia - Juli 16, 2013

thanks min :D sangat membantu infony :)

69. kaustarr - Juli 18, 2013

Wahhh makasih banyak ya buat penulis blog nya, saya siswa dari SMAKBO merasa terbantu dengan adanya artikel ini, semoga makin sukses deh! :D

70. Briska Sarasfitri - Juli 21, 2013

thanks infox! bermanfaat banget ^^

71. IccA octa mevia - Juli 23, 2013

Berguna banget makasih

72. adelaida - Juli 27, 2013

makasih banyak yach…
sangat ngebantuin nich..

73. Yudhistira Auliya Sastrawinata - Agustus 2, 2013

Bermanfaat Banget, Lumayan Cari Tau Buat Tugas Sekolah, Hehe
I Like,(y)

74. Woro puspandyasista (@woropradanestri) - Agustus 10, 2013

gambar yg membedakan atom, molekul sama ion apa ya ? balas pleaseee

75. trumla ceno - Agustus 14, 2013

kayaknya sama aja….gambar atomnya kayak balon.

76. ARSAM1997 - Agustus 17, 2013

suwun mas brooooo

77. pio - Agustus 27, 2013

besok ulangan pusingggggg@!!!!!

78. TEJO - Agustus 29, 2013

GA BENER BANGAT SIH
SSERIUS G SIHH , UDH MLM NIH
MASIH BNYK TGS

79. Langgeng Irma - September 2, 2013

Trimakasih atas infonya..oiya tolong follow twitter saya juga ya biar saya bisa tanya” sama yg punya blog ini @IrmaaSparkyu ..trimakasih.

80. chici - September 4, 2013

keren

81. Kholid Syaifulloh - September 18, 2013

Sangat membantu sekali…. Terimakasih banyak ya,

aku yang tadinya diliputi rasa bingung… sekarang jadi mengerti…

Eldria Dewanta Nandya - Oktober 1, 2013

sama gw juga awalny gw jga gak ngerti tapi sekarang ngerti makace

82. wawan - September 25, 2013

woy tolong mna molekul dan atom

83. Dede wenas - September 27, 2013

penggunaan bahasa sangat baik..,sy dpat lebih mdah memahamin.y…

84. dayat - September 28, 2013

mkch y mas ….. mga” bermamfaat bgi umat……..

85. roys - September 30, 2013

bnr2 membantu…
thanks..

ahmad - Oktober 8, 2013

mkasih jg atas kunjungannya

86. Eldria Dewanta Nandya - Oktober 1, 2013

wow! niat banget yang buat salut deh! pengen nih bagi ilmu juga buat semua orang supaya mereka juga mendapat ilmu yang sama . Amin

87. eka putri - Oktober 17, 2013

mkasih broo.. banyak yang ga lengkap … gimana duunnggs… tugas aku kurang dunnggggsss

88. Cho Jiyoung - Oktober 23, 2013

Berguna bgt gan!thank’s yooo :D

89. dian al islami - Oktober 28, 2013

aduh masih tetep gk ngerti nih

ahmad - Oktober 29, 2013

saran: coba diskusiin sm temen2nya atau tanyain gurunya lgsg, bs jg skalian liatin artikel ininya :)

90. yusuf - November 11, 2013

bagus2 ya

91. sagiel - November 12, 2013

terima kasih atas ilmunya
‘ilmu tanpa amal bagaikan pohon tanpa buah’

92. lha musyarofah - November 26, 2013

oke lh info,a :)

93. Rifky - Desember 1, 2013

lumayan buat rangkuman

94. Teressa - Desember 2, 2013

keren banget masaaa. infonya membantu banget :) makasihh

95. sigit - Desember 3, 2013

berarti penyataan seperti salah ya mas?

“Dua buah atom atau lebih yang berasal dari unsur-unsur yang berlainan dapat bersenyawa membentuk molekul.”

ahmad - Desember 5, 2013

pernyataan diatas itu benar, baca lagi pada bagian molekul, pernyataan diatas maksudnya kalau atom2 yang berbeda itu bersenyawa (bersatu padu, bersenyawa artinya satu nyawa, apanya yang jadi satu? elektronnya, mereka bersatu saling melengkapi, biasanya yang satu kelebihan yang satu kekurangan) maka akan membentuk molekul (molekul senyawa, yaitu molekul yg dibentuk dari unsur yang berbeda)

96. Amirahnaf - Desember 15, 2013

Thank’s,,, Mbantu Bgt….!!!

97. daniel cristian - Januari 8, 2014

ini si sudah bagus tetapi belum lengkap mohon dilengkapi agar siswa yang melihat dapat mengerti dengan baik sekian dan terimakasih

98. fauziah miswa - Januari 29, 2014

makasih bang .. ini sangat bermanpaat lhoo :)

99. maydikasapti - Februari 24, 2014

[…] Posted by ahmad in Mineralogi, opini. Tags: atom, campuran, ion, molekul, partikel, pengertian, perbedaan, senyawa trackback […]

100. nuna nugroho - Maret 6, 2014

makasie bgt ea ats post.nya coz ngbantu bgt bwt tgs resume aku.

101. said - April 25, 2014

LAGI GALAU

102. purnawirawan - April 25, 2014

jalan-jalan.,.’
kalau di rumah ngax eNaAak

103. Dinia - April 26, 2014

makasiiiih bermanfaat bgt :)

104. Roger - Mei 22, 2014

Makasih Jon~

105. Hilman Fikry - Juli 22, 2014

Terimakasih, sekarang rasa penasaranku tentang beda unsur dan atom sdh hilang,..

106. zia ulhaq - Agustus 21, 2014

mksihhh yya,trbntuu bgett nihh unt tgass pr sayaa
skali lagii mksihh

107. Candy - September 17, 2014

Kak, minta penjelasannya dong tentang teori mode atom..

108. Muhammad Fachri - Oktober 9, 2014

wah bermanfaat ini.makasih banyak bang

109. Muharna dwisari - Oktober 9, 2014

thanks bnget nih, lumayan buat tugas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: