jump to navigation

Bromo Status Awas, krakatau Waspada, Semeru? November 23, 2010

Posted by ahmad in Artikel, home, warta geologi.
trackback

Menyimak headline beberapa situs berita nasional hari ini saya dikejutkan dengan berita meningkatnya status gunung bromo dari level siaga ke level awas hanya dalam hitungan jam. Belum reda aktivitas merapi, gunung – gunung berapi di Pulau Jawa dari mulai krakatau di selat sunda sampai Gunung Semeru di timur pulau jawa tampaknya memang sedang meningkat aktifitasnya dalam dua bulan terakhir ini.

Tingkat kondisi aktivitas gunung berapi: Normal – waspada – siaga – awas

Diberitakan, aktivitas gempa vulkanik di Bromo meningkat sejak  8 November 2010. Tak hanya itu, gempa vulkanik dalam (VA) dan gempa vulkanik dangkal (VB) secara fluktuatif terus meningkat. Sejak tanggal 8 November 2010 mulai tercatat Tremor Vulkanik.

Secara detil, pengamatan kegempaan Gunung Bromo dipantau dengan menggunakan seismograf  PS-2 secara telemetri selama november 2010 sebagai berikut:

  • 1-7 November 2010. Terjadi dua kali gempa Vulkanik Dangkal (VB), 5 kali gempa Vulkanik Dalam (VA), 5 kali gempa Tektonik Jauh (TJ).
  • 8–14 November 2010. Terjadi 540 kali gempa Vulkanik Dangkal (VB), 66 kali gempa Vulkanik Dalam (VA), 5 kali gempa Tektonik Lokal (TL), 5 kali gempa Tektonik Jauh (TJ), 2 kali gempa Tremor dengan amplituda maksimum 2 – 3 mm
  • 15–21 November 2010. Terjadi 354 kali gempa Vulkanik Dangkal (VB), 10 kali gempa Vulkanik Dalam (VA), 6 kali gempa Tektonik Jauh (TJ). Gempa Tremor menerus dengan amplituda maksimum 1,5 – 3 mm.
  • 22 November 2010. Terjadi gempa tremor menerus dengan amplituda maksimum 2 – 3 mm. Pukul 16.00 WIB Gempa Tremor dengan amplituda maksimum 5 – 7 mm
  • 23 November 2010. Pukul 03.00 WIB terjadi gempa tremor menerus dengan amplituda maksimum 10 – 15 mm dengan dominasi 11 mm. Pukul 06.51 WIB Gempa Tremor menerus dengan amplituda maksimum 15 mm.

Sedangkan pengamatan secara visual berita terkhir dikabarkan sebagai berikut:

“Terlihat hembusan asap berwarna putih sedang – putih tebal, tekanan kuat tinggi 250 meter di atas bibir kawah, condong ke arah utara” (update 23 november)

Berdasarkan pengamatan data kegempaan dan visual serta analisis data tersebut, status kegiatan Gunung Bromo dinaikkan menjadi Siaga (Level III) sejak 23 November 2010 pukul 08.00 WIB.

Belum genap 24 jam setelah ditingkatkan statusnya menjadi ‘Siaga’, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi kembali meningkatkan status Gunung Bromo menjadi ‘Awas’. “Sekarang ini tanggal 23 November pukul 15.30 WIB saya akan teken surat untuk menaikkan status gunung (Bromo) dari Siaga menjadi Awas,” kata Kepala PVMBG, Dr Surono saat dihubungi wartawan, Selasa (23/11).

Pernyataan resminya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Selasa (23/11/2010), dalam situsnya menjelaskan status Bromo menjadi awas mulai pukul 16.30 WIB. “Berdasarkan pengamatan data kegempaan dan visual serta analisis data, status kegiatan G. Bromo dinaikkan menjadi Awas (Level IV) sejak  23 November 2010 pukul 16.30 WIB.”

Sebelumnya, menurut data yang direkam pos pengamatan Gunung Bromo, dalam waktu 24 jam terakhir, terjadi 1.028 kali gempa vulkanik serta gempa tremor terus-menerus. Petugas mengimbau para pengunjung maupun masyarakat tidak mendekat ke kawah dengan radius tiga kilometer.

Sebaliknya Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda, yang sebelumnya aktif saat ini aktifitasnya mulai menurun. Data dari pos pemantau di Desa Pasauran Serang, Banten menyebutkan, aktifitas kegempaan masih fluktuatif dan gempa vulkanik masih terus terjadi. Jika dibandingkan data kemarin, aktifitas anak gunung Krakatau menurun. Namun kondisinya saat ini masih waspada pada level dua.

Bagaimana dengan Semeru?

Meningkatnya aktivitas vulkanik gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo dan statusnnya menjadi Awas ternyata tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik di gunung tertinggi di Pulau Jawa, yakni Semeru.

Salah satu situs berita jatim menyebutkan:

“Meski aktivitas Bromo meningkat, aktivitas Semeru tidak terpengaruh,” kata Liswanto, petugas Pos pengawasan Gunung Semeru di Gunung Sawur Desa Sumber Wuluh Kecamatan Camdipuro pada beritajatim.com, Selasa (23/11/2010). Menurut dia, sejauh ini dari data seismik, aktivitas kegempaan Semeru masih normal. Letusan Hembusan dipuncak 73 kali, gempa tremor 8 kali dan guguran lava pijar 7 kali.

“Dengan data itu, Semeru masih normal dan statusnya masih waspada,’ ungkapnya.

Gunung manapun yang mungkin saja akan meletus hal utama sebenarnya bagaimana sikap kita menghadapinya. SIAP atau TIDAK..  baik masyarakat ataupun pemerintah. Bagi masyarakat sekitar  baik Bromo, maupun semeru sehubungan dengan status Awas ini, tentunya diharapkan tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu tentang letusan Bromo & Semeru, bagi pihak berwenang baik pusat ataupun daerah seyogyanya harus banyak mengambil pelajaran dari beberapa paristiwa serupa, jangan sampai telat memberi informasi, sosialisasi, hingga evakuasi, ingat banyak masyarakat kita yang masih sangat awam, dengan begitu apapun yang akan terjadi kita telah siap karena kita punya  prosedur dengan harapan tentunya kita bisa mengurangi risiko bencana tersebut.

Sumber:

http://www.tempointeraktif.com

http://regional.kompas.com

http://nasional.vivanews.com

http://www.metrotvnews.com

http://www.beritajatim.com

diedit seperlunya

Komentar»

1. el-Shirazy - November 23, 2010

bukan di jawa saja mas, tp d luar jw juga ada yg lgi mningkat aktvitasnya.. berita ini tp yg 1 november kmaren http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=153686:2-gunung-berstatus-siaga-19-waspada&catid=95:nusantara&Itemid=146

ahmad - November 23, 2010

mksh infonya, mmng sgt d mungkinkan krn indonesia pnya 200 > gnung api tersebar d brbgai pulau, dan jg bkan hal aneh kalau terjadi aktivitas gunung api berbagai daerah, hny saja yg menarik untuk bromo saat ini aktivitasnya sgt intens skali.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: