jump to navigation

Tsunami Jepang 11 Maret 2011 Maret 14, 2011

Posted by ahmad in home, warta geologi.
trackback

Jumat, 11 Maret 2011. Gempa super dahsyat mengguncang jepang. Pada awalnya di beritakan kekuatan gempa sebesar 8.8 SR, namun pada hari minggu, 13 maret, Badan Meteorologi Jepang merevisi kekuatan gempa yang terjadi pada Jumat, 11 Maret menjadi 9,0 skala richter, bukan 8,8 skala richter seperti yang sebelumnya diumumkan.

Gempa ini merupakan salah satu gempa terbesar kelima di dunia sejak tahun 1900, dan tercatat sebagai gempa terbesar sepanjang sejarah yang pernah terjadi di negara tersebut. Sepanjang catatan kegempaan di Jepang, belum pernah terjadi gempa kuat yang langsung disusul tsunami tersebut. Menurut USGS (US Geological Survey) gempa terjadi pada pukul 14:46 waktu setempat, dan berbeda dengan pemerintah jepang, USGS melaporkan kekuatan gempa sebesar 8,9 SR.

Badan meteorologi jepang juga mengatakan zona gempa sepanjang 500 kilo meter dan lebarnya 200 kilo meter. Getarannya berlangsung lebih dari 5 menit.

Gempa dahsyat ini menimbulkan gelombang tsunami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Menghantam pantai, kapal, gedung, rumah, berbagai bangunan, pabrik bahkan pesawat dalam sekejap. Dikabarkan pula banyak  korban yang meninggal, namun kepastian jumlahnya masih terus ditelusuri.

(zona tsunami)

Gempa dan tsunami yang berpusat di jepang juga terjadi di berbagai negara, terutama di wilayah fasifik termasuk Indonesia. Pergerakan/waktu menjalarnya gelombang tsunami dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Warning Tsunami:IRJA,MALUT,PAPUA,SULUT,diprkirakn tsunami tiba jam18:00WIB,akibat gmpa diJepang ini M:8.8SR,11-03-11 1 http://twitpic.com/48e62f

Dan berikut data beberapa negara yang terkena dampak gempa di jepang http://id.wikipedia.org/wiki/

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: