jump to navigation

Mitigasi Bencana Longsor Desa Purbasari, Membentuk Masyarakat yang Tanggap Bencana Juni 25, 2011

Posted by ahmad in home, outcrops, warta geologi.
Tags: ,
trackback

Cerita ini berawal dari Forum Anggota Luar Biasa Perhimpunan Pencinta Alam Ganesha Muda (FALB PPA Gasda)  SMA Negeri 1 Purbalingga yang berkeinginan merintis desa siaga bencana. Forum tersebut membuat percontohan di desa Jingkang dan Purbasari kecamatan Karangjambu, Pemilihan ini didasarkan atas data BPBD Purbalingga, bahwa daerah ini termasuk daerah rawan bencana.

Untuk melaksanakan program tersebut, langkah awal yang dilakukan adalah pembentukan tim siaga bencana, yaitu pada tanggal 26 mei kemarin. Dalam tim ini Teknik Geologi Unsoed dipercaya sebagai pendamping teknis.

Setelah berminggu-minggu melakukan pendampingan Desa Siaga bencana, tibalah saatnya melakukan simulasi bencana tanah longsor yang dilaksanakan hari jumat tanggal 24 Juni kemarin. Bertempat di  Lapangan Pringgading desa Purbasari jam 14.00 WIB. Walaupun belum siap benar namun kegiatan simulasi ini dapat menjadi pemicu keaktifan masyarakat dalam mewujudkan terbentuknya desa siaga bencana.

Apalagi Simulasi ini dilaksanakan dengan memberikan hadiah hiburan berupa satu ekor kambing dan sejumlah door prize atas dukungan dari FPRB Korwil III Jateng, dimotori oleh Mas Alam Wijaya dan Mas Indaru.

Lapangan pringgading, tempat simulasi berlangsung

Beberapa bangunan akibat longsor
Sponsor dan tim yg trut mnykseskn simulasi ini
Pembagian hadiah&door prize

Simulasi mitigasi bencana ini diharapkan menjadi langkah awal untuk mewujudkan masyarakat yang tanggap bencana. Indonesia yang tanahnya masih subur, dari pantai hingga pegunungan, menyimpan kekayaan akam yang melimpah sekaligus potensi bencananya. Gunung dengan letusannya, lereng-lereng dengan longsorannya, hingga laut dan pantai dengan Tsunami nya. Semua potensi dan kekayaan alam tentu merupakan hak untuk kita kelola, namun lantas jangan lupa akan kewajiban kita merawat, mencegah, mengantisipasi terhadap prilaku alam kita ini. lintas.me

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: